Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Rusak


Kesehatan mata adalah hal yang harus di perhatikan karena Tanpa mata manusia tidak akan bisa melihat dunia ini. Mata selagi mata masih sehat baik-baiklah kita dalam menjaganya. Bisa dibayangkan kalau mata kita rusak atau buta. Seluruh kehidupan serasa hitam dan gelap gulita. Selagi Allah masih menitipkan nikmat matanya pada kita

Inilah Tips Tips Menjaga Kesehatan Mata

1. Berhenti merokok
Menjaga kesehatan mata dengan berhenti merokok adalah ilmu lama yang harus kita jelaskan lagi. Merokok bisa menyebabkan penyakit mata seperti katarak, atau kerusakan saraf optik mata. Jangan melihat orang merokok banyak juga yang tidak pakai kacamata. Sehingga anda menganggap rokok itu aman. 

2. Memeriksa mata
Pmeriksaan mata sangat penting, dalam waktu 2 tahun sekali sebaiknya anda memeriksa mata kedokter mata (bukan memeriksa kacamata ya). Dengan sering memeriksa mata maka akan cepat mengetahui berbagai gejala yang akan menimpa pada mata.

3. Gunakan pelindung mata
Ketka anda dalam berbagai aktivitas yang bisa membahayakan mata sebaiknya anda menjaga dan melindungi mata anda dari berbahaya tersebut. Misalnya ketika berkendaraan sebaiknya gunakan helm, agar mata terlindungi. Begitu juga ketika anda berolahraga, gunakan kacamata olahraga. Kini sudah banyak kacamata olahraga yang dijual dipasaran.

4. Makan makanan yang mengandung vitamin A
Makanan yang mengandung vitamin sangat bermafaat untuk mata, maka jangan sungkan mengkonsumsi makanan tersebut, seperti telur, wortel dan tomat. Wortel mengandung banyak vitmin A dan beta-carotin yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

5. Istirahatkan mata
Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan mata anda. Ingat..! jangan berlama-lama didepan layar, atau membaca. Kalau mata anda sudah terasa jenuh atau capek segera beri mata anda jatah untuk istirahat. Bangun sebentar untuk melihat berbagai keindahan disamping anda. 

6. Hindari mengucek mata gatal
Ketika mata anda gatal sebaiknya jangan menguceknya terlalu keras, karena ini bisamembuat mata anda infeksi dan terkena virus dari tangan anda. 

7. Jaga jarak pandang
Menjaga kesehatan mata dengan menjaga jarak mata anda dengan objek. Kalau anda sedang menonton TV maka jaga jarak mata anda dengan TV sekitar 50 cm hingga 100 cm. Kalau anda sedang membaca buku, jaga juga jaraknya yaitu hingga 30 cm. Ini penting sekali untuk menjaga kesehatan mata dari rabun dekat.

Itulah tips menjaga kesehatan mata agar selalu bisa sehat dan berfungsi dengan optimal. Sekali lagi, ingat bahwa mata adalah organ tubuh yang penting sekali dalam kehidupan ini.

1 comment:

  1. Titanium Necklace for Women - Titsanium Art
    The titanium head of a titanium hammer turtleneck. titanium blue Titsanium has been designed to compliment titanium wedding ring an outer neck. The Titsanium Necklace is made camillus titanium from platinum-plated brass. ti89 titanium calculator

    ReplyDelete